Misteri Gereja Berbentuk Burung di Borobudur


Bermula dari sebuah pembicaraan di kantor dengan mas Taufik sebelum saya pulang ke Magelang. Dia menuturkan bahwa ada sebuah bangunan misterius mirip gereja di daerah sekitar Borobudur. Karena belum pernah ke sana, maka tepat pada hari terakhir di tahun 2013 ini saya membuktikan sendiri keberadaan bangunan misterius yang berlokasi di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Lokasi dusun tersebut memang tidak jauh dari Kota Magelang, sekitar 20 kilometer saja. Fakta mengenai keberadaan lokasi bangunan ini pun saya peroleh dari blog escoret.net dan adhit.net. Dengan mengendarai sepeda motor, saya pun mencoba menyaksikan langsung bangunan misterius tersebut.

Bekas Gereja yang Belum Selesai Dibangun

Dengan bantuan GPS dan informasi dari warga, akhirnya saya menemukan bangunan tersebut. Berada di atas bukit, bangunan berbentuk menyerupai ayam tersebut (seharusnya) tampak anggun. Keindahan bangunan tersebut tampak memudar karena sudah tidak digunakan lagi. Tampak tanaman liar menumbuhi sisi utara bangunan, beberapa jendela rusak, serta ruangan di bagian bawah bangunan tampak rusak. Kemudian saya mencoba memasuki ruangan utama gedung eks gereja ini. Di bagian atap, ada lubang yang berbentuk salib. Masih di ruangan yang sama, tampak beberapa pilar yang tidak digunakan lagi.

Kemudian saya menduga-duga mengenai kegunaan dari bangunan ini. Ruangan-ruangan di bagian bawah mungkin digunakan sebagai kantor, maupun tempat tinggal orang (penjaga gereja atau koster). Selanjutnya, di bagian belakang ada tangga yang mengantar ke ruangan utama. Memasuki ruangan utama, pilar-pilar yang tidak digunakan tersebut bisa jadi hiasan atau pilar lantai mezanin. Di bagian kepala burung atau ayam, tampak ada lubang yang mungkin digunakan sebagai jalur tali untuk membunyikan lonceng (yang mungkin ada di kepala burung atau ayam tersebut).

Rumah Doa Bukit Merpati

Salah satu blog yang menjadi referensi menyebutkan bahwa ada website resmi dari pengelola gereja ini: bukitmerpati.org. Yayasan tersebut adalah Lembaga Pendidikan dan Pelayanan Sosial Rhema yang didirikan pada tahun 1994. Disebutkan bahwa yayasan pengelola gereja ini melayani orang-orang yang tersisihkan seperti: terkena gangguan jiwa, ketergantungan obat, gangguan okultisme, korban trauma kekerasan dan kenakalan remaja.

Entah karena alasan apa, bangunan yang semula didirikan untuk pelayanan tersebut kini menjadi terbengkalai. Apakah karena kurang peminat, kekurangan dana perawatan, konflik lahan atau konflik sosial? Saya sendiri masih mencari alasannya di google, haha :).

Selayang Pandang Bangunan Misterius Ini

Berikut ini adalah beberapa foto yang nantinya akan menceritakan tentang eksistensi gereja burung ini.

Tampak samping dari balkon gereja, ada jendela yang rusak, dinding yang berlumut serta penuh coretan.
Balkon gereja yang penuh dengan coretan.
Ruangan utama gereja, dengan pilar dan lubang berbentuk salib.
Ruangan utama gereja.
Pemandangan yang indah di luar gereja.

Komentar