Candi Ngetos


"Lihatlah, keagungan Mahameru -tempat para dewa tinggal- ada di hadapan kita. Betapa damainya apabila kelak aku beristirahat di tempat ini." Begitulah kira-kira kalimat yang saya bayangkan ketika memandangi sebuah candi bata merah yang terletak di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Sesuai dengan nama desanya, Candi Ngetos adalah salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang menjadi tempat perabuan Raja Hayam Wuruk.

Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk. Mengingat daerah ini merupakan wilayah Kerajaan Majapahit yang menghadap Gunung Wilis yang disamakan dengan Gunung Mahameru, sang Raja ingin menjadikan tempat ini untuk menyimpan abu jenazahnya kelak. Pembangunan candi ini diserahkan kepada pamannya, Raden Condromowo -raja dari negara Ngatas Angin.

Menurut cerita teman saya, candi ini tidak berdiri sendiri melainkan kembar namun dengan ukuran yang berbeda. Konon, di candi yang satunya itulah abu dari Hayam Wuruk ditempatkan. Lokasi tempat Hayam Wuruk diperabukan ditandai dengan arca penjelmaan Hayam Wuruk sebagai Wisnu (Siwa?) yang kini disimpan di Museum Airlangga Kota Kediri (foto sebelah kanan). Lokasi ditemukannya arca tersebut kini menjadi sebuah bangunan sekolah dasar.

Kondisi candi ini cukup terawat, meskipun sudah rusak termakan usia. Pada keempat sisinya, dapat kita jumpai hiasan kala. Salah satunya masih bagus. Di sekitar candi banyak ditemukan benda-benda cagar budaya: dua buah arca (yang satu ya arca Hayam Wuruk tadi), paidon (tempat ludah) dan baki yang terbuat dari kuningan. Ketika saya berkunjung ke sana, ada seorang ibu yang sedang membersihkan candi ini.

Perjalanan ke Candi Ngetos merupakan kelanjutan dari Candi Lor, sekaligus mengakhiri petualangan saya di Kabupaten Nganjuk. Mungkin suatu saat saya akan kembali lagi ke tempat ini karena kemarin saya terburu-buru, jadi belum dapat angle yang pas.

Lihat-lihat candi Ngetos

Berikut ini adalah beberapa foto yang saya peroleh dari Candi Ngetos.

Hiasan kala di atas pintu candi.
Fragmen arca? di tengah bilik candi.
Tampak samping candi Ngetos.

Komentar

  1. maaf, bukannya itu foto arca siwa di museum air langga??
    kalau gak salah lihat hehehehe

    BalasHapus
  2. Ralat dari @travellers2009... Iya, ternyata itu Siwa :D
    Saya nggak masuk, pas tutup nih...

    Kalo pas ke Blitar, blusukan yuk... (y)

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berbagi cerita