Situs-situs di Sekitar Prambanan 1


Siang hari ini (6/2/2012), saya kembali menarik motor saya untuk blusukan di daerah Prambanan, lebih tepatnya di sebelah selatan kompleks Keraton Ratu Boko. Pada jaman dahulu, di sebelah selatan Ratu Boko terdapat banyak sekali candi. Beberapa candi yang telah dipugar antara lain adalah Candi Barong, Candi Banyunibo dan Candi Ijo. Terselip di antara candi-candi yang telah dipugar tersebut, tersebar batu-batu candi yang kini sudah tinggal kenangan. Berikut ini adalah situs-situs di sekitar Prambanan bagian pertama, yang hari ini saya kunjungi.

Situs Marangan
Situs Marangan terletak di Dusun Marangan, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Batu-batu candi tersebar di halaman rumah dan pekarangan warga.




Situs Keblak
Situs Keblak terletak di Dusun Keblak, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Sebuah yoni terbalik dan batu-batu candi lainnya berada di pekarangan rumah warga.





Situs Singo Barong (Bubrah Madurejo)
Situs Singo Barong atau dikenal dengan nama lain Situs Bubrah Madurejo terletak di Dusun Rejodani, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Batu-batu candi juga tersebar di halaman rumah dan pekarangan warga.




Situs Singo
Situs Singo terletak di Dusun Singo, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Yang tersisa di dusun ini adalah barong yang mirip singa serta kaki kinara-kinari yang keberadaannya sudah tidak utuh lagi.


Komentar