Penampungan BCB Mlati


Keberadaan situs-situs purbakala yang ada di daerah Yogyakarta memang harus mengalah dengan perkembangan jaman. Tidak semua situs yang menyimpan candi dapat dibangun kembali. Beberapa sudah hilang dan yang lainnya hanya menyisakan sebagian kecil. Batu-batu yang dulunya tersusun indah, mungkin kini sudah kembali bersatu dengan tanah atau menjadi pondasi yang memperkuat rumah-rumah penduduk. Beberapa yang tersisa memang harus diselamatkan, terutama dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggungjawab. Untuk itulah dibuat suatu tempat untuk menampung sisa-sisa benda cagar budaya yang masih dapat diselamatkan, salah satunya ada di daerah Mlati.

Penampungan Benda Cagar Budaya (BCB) Mlati terletak di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Untuk melihat-lihat koleksi benda di penampungan BCB ini, Anda bisa menuju Kantor Kecamatan Mlati karena lokasi penampungan tepat ada di samping kantor. BCB yang disimpan di tempat ini meliputi arca-arca Buddha dan Hindu, stupa, yoni, lumpang, fragmen-fragmen bagian candi. Batu-batu candi tersebut dikumpulkan dari beberapa kelurahan yang tersebar di Kecamatan Mlati (Sumberhadi, Sendanghadi, Tirtohadi, Sinduhadi, Tlogohadi), Kecamatan Sleman (Triharjo, Caturharjo, Pendowoharjo, Trimulyo) sampai Kecamatan Gamping (Balecatur, Ambarketawang, Trihanggo).

Berikut ini adalah foto beberapa koleksi yang ada di Penampungan BCB Mlati:

Kelompok Arca dan Stupa.
Hiasan-hiasan Candi.
Arca dewa-dewi dan (bukan) senjata di belakangnya.
Arca dewa dan (sekali lagi bukan) senjata di belakangnya.
Surya Kencana.
Himpunan Arca Nandi.
Lumpang.
Kelompok Yoni.
Fragmen-fragmen candi.

Tadinya perjalanan ingin saya lanjutkan menuju Penampungan BCB lainnya yang terdekat, yaitu di daerah Seyegan. Akan tetapi sampai tiba di tempat tujuan, pintunya terkunci. Akhirnya saya tidak bisa melihat-lihat koleksi di penampungan tersebut. Aha, besok masih ada waktu.

Komentar