Candi Kimpulan


Sudah sejak tanggal 17 Oktober 2011 lalu, Candi Kimpulan yang terletak di tengah-tengah kampus Universitas Islam Indonesia ini diresmikan. Ekskavasi candi ini tergolong cepat sejak pertama kali ditemukan pada 11 Desember 2009 lalu. Pada pagi hari ini (7 Januari 2012), saya berangkat menuju ke kampus Universitas Islam Indonesia untuk melihat-lihat Candi Kimpulan tersebut. Secara administratif, Candi Kimpulan terletak di  Dusun Kimpulan, Kelurahan Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY.

Lingga-yoni di candi induk.
Candi Kimpulan terdiri dari dua buah bangunan, yaitu satu buah candi induk menghadap ke timur dan satu buah candi perwara menghadap ke barat. Secara tata letak candi, Candi Kimpulan tergolong unik karena candi induk hanya diiringi oleh satu buah candi perwara (biasanya ada tiga). Seperti pada foto di atas, candi ini berbentuk persegi panjang dan merupakan dinding-dinding saja. Atap candi diduga terbuat dari bahan yang lapuk. Pada candi induk, ditemukan arca Ganesha, lingga, yoni dan 12 umpak batu. Ada kemungkinan umpak-umpak batu tersebut digunakan untuk menopang atap candi. Sedangkan pada candi perwara, ditemukan arca Nandi, lingga, yoni dan lapik berornamen serta sumuran. Melihat peninggalan yang tersisa, jelas bahwa Candi Kimpulan ini bercorak agama Hindu. Kedua arca Ganesha dan Nandi diamankan oleh BP3 Jogja.

Lingga-yoni dan lapik arca
di candi perwara.
Candi Kimpulan kini menjadi ikon Gedung Mohammad Hatta, yaitu perpustakaan dan museum kampus UII. Saya membayangkan begini: pada awalnya, bangunan ini tidak didesain berbentuk melingkar. Karena menemukan batuan candi ketika membuat pondasi, selanjutnya pihak UII pasti memikirkan bentuknya bakalan seperti apa. Akhirnya, gedung ini didesain melingkar dengan Candi Kimpulan berada di pusat lingkaran. Pada tanggal 17 Oktober 2011 lalu, candi ini diresmikan oleh Ir. Jero Wacik, S.E disaksikan oleh rektor UII Edy Suwandi dan Ketua Badan Wakaf UII Lutfi Hasan.

Rute menuju Candi Kimpulan
Untuk menuju candi ini sangatlah mudah, ikuti saja Jalan Kaliurang hingga kilometer 14,5. Di situlah kampus Universitas Islam Indonesia berada. Masuklah ke kompleks kampus, hingga menemukan Masjid Kampus UII. Candi Kimpulan berada di sebelah selatan masjid tersebut.

Kiri - salah satu relief di pintu masuk candi induk. Kanan - Batu besar apaan ya itu?

Komentar