Arca Ganesha Dawangsari

Arca Ganesha tanpa kepala.
Apa boleh buat? Itulah yang terucap di benak saya ketika melihat lokasi dari Arca Ganesha yang tersembunyi di balik pepohonan di dusun Dawangsari, desa Sumberwatu, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Arca Ganesha itu nyaris tak terlihat, karena sungguh berada di tengah-tengah pepohonan dan ladang yang rapat-rapat dan tidak ada jalan setapaknya, apalagi di musim hujan begini. Selain itu, telinga saya berdenging karena banyak sekali nyamuk hutan yang terbang-terbang dan mencoba menghisap darahku: mereka benar-benar lincah.

Baiklah, untuk menuju ke sana, Anda bisa mengulangi kembali rute menuju Candi Miri atau Candi Barong.
  • Ikutilah jalan kecil ke arah selatan yang terletak di dekat batas propinsi Jateng-DIY. Ikuti saja jalan itu hingga menemui perbukitan.
  • Jalan mungkin agak sedikit berliku ketika tiba di perbukitan, namun terus ikuti jalan itu hingga bertemu SD Sumberwatu.
  • Alternatif 1: Perhatikan bahwa di samping kiri (timur) SD Sumberwatu ada jalan nanjak, Anda bisa lewat jalur itu. Setelah naik, Anda akan berjumpa dengan perempatan, ambil belokan ke kanan (barat). Ikuti jalan turun, maka sekitar 50 meter Anda sudah bisa melihat Arca Ganesha di sisi kanan (utara) jalan.
  • Alternatif 2: Dari SD Sumberwatu, ikutilah jalan itu hingga menjumpai tikungan "T". Ambil jalan ke kiri, yaitu ke arah Candi Barong. Dari sini, Anda akan menjumpai perempatan. Ambillah belokan ke kanan yang jalannya naik. Anda akan menjumpai jalanan yang agak datar, perhatikan kiri (utara) jalan, arca itu berlokasi di sana. Perhatikan pula bahwa jalan ini adalah jalan yang sama menuju Candi Miri.
  • Selamat menikmati hutan rimba mini. Dari situs ini, akan tampak SD Sumberwatu dari atas bukit.

Penasaran dengan arca ini?

Komentar

  1. lho ko2 kanudah ke arca ganesha dulu...iya ga??kemaren ksana lagi ya??

    buka FB juga ya ko..

    BalasHapus
  2. Belum pernah ke sana, ce... baru sekali ini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berbagi cerita