Candi Asu Bandungan


Tidak jauh dari Kompleks Candi Gedongsongo, terdapat sebuah situs pertapaan kejawen yang dikenal dengan nama Candi Asu. Situs ini masih terletak di kelurahan yang sama, yaitu Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di dalam situs ini, hanya terdapat beberapa batu saja: sebuah yoni, beberapa hiasan atap dan dinding candi, beberapa ornamen candi yang bentuknya lucu-lucu. Yoni dan bagian candi diletakkan dalam sebuah pendopo, sedangkan ornamen candi yang lucu-lucu itu diletakkan di sekitar pendopo.

Yoni dan beberapa batu dari bangunan candi.
Nuansa di situs ini sudah tidak alami lagi, karena sudah didirikan pendopo yang masih sering digunakan untuk bertapa. Seorang petugas saya tanyai, beliau menerangkan bahwa dulunya memang sempat ditemukan namun tidak jadi dibangun. Di lokasi penemuan ini, hanya ditinggalkan batu-batu tersebut. Jika pernyataannya benar, berarti ada kemungkinan bahwa batu-batu yang ditemukan itu tidak cukup atau tidak memenuhi persyaratan untuk dipugar kembali. Alhasil, batu-batu itu dikubur kembali.

Hiasan candi yang lucu-lucu.
Perhatikan gambar kedua yang saya pasang, tampak ada karpet berwarna hijau. Bapak itu juga mengatakan kalau baru saja ada orang yang bertapa di sini tujuh hari lamanya! Wow, angka yang menakjubkan. Kalau dilihat-lihat, memang lokasi ini sangat tenang. Dikelilingi vegetasi yang lebat layaknya di tengah hutan, membuat suasana hati menjadi nyaman, apalagi bagi mereka yang gemar bermeditasi.

Gapura desa tempat situs ini berada.
Sayangnya, untuk menuju ke lokasi ini tidaklah mudah.
  • Dari arah Bandungan, jika ke Gedongsongo ambil jalan ke kanan, kali ini terus saja sampai menemukan Kantor Desa Candi. Tidak jauh dari situ ada gapura yang agak bagus warnanya.
  • Dari gapura itu, ikuti jalan utama sampai tidak menjumpai rumah-rumah.
  • Sekitar 600 m dari gapura, Anda akan menemukan perempatan kecil, di mana jalan di kanan-kirinya sudah bukan aspal lagi melainkan jalan setapak. Ambil jalan ke kanan.
  • Setelah mengambil jalan ke kanan, Anda akan berjumpa dengan persimpangan berbentuk huruf T. Belok ke kanan lagi, ikuti jalan berbatu. Jalan berbatu ini akan membimbing Anda menuju ke Candi Asu.
Penasaran dengan situs ini?

Komentar

  1. Situs ini mungkin masih bagian dari candi gedong songo

    BalasHapus
  2. Kalo lihat lokasi, memang bisa dipastikan masih terkait dengan Candi Gedongsongo. Tapi ukir2an hiasan candinya kok bukan langgem Gedongsongo banget. Ada yang bentuknya kayak kodok, malah dicat hijau.

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berbagi cerita