Nikmatnya Tengkleng Solo


Tengkleng adalah masakan khas Solo. Isinya adalah daging kambing yang terdiri dari bagian kepala dan jeroan. Untuk menikmati tengkleng, para penikmat tengkleng harus telaten (sabar) untuk memisahkan bagian daging dari tulang-tulangnya. Pengalaman pertama saya menikmati tengkleng solo adalah ketika bersepeda bersama JFB dalam acara Night Ride From Solo To Jogja.

Tengkleng disajikan di dalam gentong yang besar. Di dalam gentong tersebut, dapat ditemukan berbagai macam bumbu khas Jawa selain daging kambing. Setelah saya search di google, saya mendapatkan resep membuat tengkleng, yaitu sebagai berikut:
Bahan:
100 gram daging kambing, potong 3×3 cm
100 gram Iga kambing, potong-potong
100 gram jeroan kambing, potong-potong
100 gram daging kepala kambing, potong-potong
600 ml air
2 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
2 lembar daun jeruk purut
2 sdm minyak samin/mingak goreng


Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
3 butir bawang merah
2 cm kunyit bakar
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
3 butir kemri
garam secukupnya


Cara Membuat:
  1. Rebus daging, iga, jeroan dan daging kepala hingga lunak.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Angkat lalu masukkan ke dalam rebusan daging, rebus kembali.
  3. Masukkan daun salam, serai, lengkuas, daun jeruk, dan jahe. Masak dengan api kecil hingga air rebusan hingga tinggal 1/3 nya.
  4. Sajikan hangat.
Untuk: 4 porsi


Kandungan gizi/porsi:
Energi: 154 kal
Protein: 16,6 g
Lemak: 9,2 g
Karbohidrat: 0 g
Oh, berarti ternyata benar. Ketika saya mencoba mendulang beberapa daging, saya menemukan ada daun salam, lombok, serai dan semacam tanaman obat Jawa yang kemudian saya ketahui sebagai lengkuas. Rasanya enak (ya gulai-gulai begitu), namun emang saya agak asing dengan dagingnya karena saya jarang atau belum pernah makan jeroan yang aneh-aneh. Setelah makan, biasanya badan langsung panas. Kehangatan inilah yang dirasakan saat perjalanan malam Solo-Jogja.

Tapi, bagi para darah tinggi, diharap jangan makan tengkleng ini banyak-banyak. Katanya, bisa menaikkan tekanan darah.

Sumber resep: http://bankresep.wordpress.com (katanya dari Tabloid Nyata).
Sumber gambar: http://www.langitperempuan.com

Komentar