Candi Dorok


Terpendam di bawah tanah sedalam tiga meter lebih tidak berarti candi ini terlupakan. Ketika cangkul yang diayunkan petani membentur suatu batu berwarna kemerahan di dalam tanah, ketika itulah keberadaan Candi Dorok terungkap. Candi yang berlokasi di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur ini menjadi salah satu temuan baru di Kediri.

Tidak tampak adanya relief-relief atau arca di sekitar Candi Dorok. Oleh karenanya, hingga saat ini sejarah keberadaan candi ini juga masih belum diketahui. Meskipun demikian, Candi Dorok memiliki keunikan: tidak tampak adanya tanda-tanda tangga masuk candi. Apa artinya ini?

Batu bercorak dari Candi Dorok.
Untuk melindungi candi ini, dibangunlah atap semi-permanen. Saya kurang tahu, apakah kelak lokasi candi ini agak diperluas dan diperbaiki, supaya tanah di sekitarnya tidak longsor dan mengubur kembali candi ini.

Arca Gajah


Tidak jauh dari lokasi Candi Dorok, terdapat sebuah arca berbentuk gajah yang belum jadi. Arca ini terletak di tengah hutan sengon yang di-tumpangsari-kan dengan perkebunan dan persawahan: ada kacang, tebu, cabe, dan lain-lain. Arca ini menarik, karena tidak menggambarkan sosok Dewa Ganesha yang pada jaman dahulu menjadi sesembahan.

Ada anak gajahnya.
Itu orang atau bukan
Tidak jelas berasal dari era manakah arca ini. Walaupun demikian, arca ini menjadi objek menarik untuk dikunjungi. Suasana yang teduh, rindang dan sepi benar-benar membuat batin terasa tenang, apalagi bagi mereka yang terbiasa dengan hiruk-pikuk suasana kota.

Komentar