Museum Sudirman


Bagi orang Indonesia, siapa yang tidak kenal Jendral Soedirman. Beliau adalah salah satu pahlawan nasional yang turut memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, terutama saat terjadi Agresi Militer Belanda. Perang besar yang pernah dipimpin oleh beliau adalah Perang Palagan yang terjadi di Ambarawa. Dalam perang ini, beliau berhasil memimpin pasukan Indonesia untuk memukul mundur tentara Belanda ke Semarang. Karena prestasinya, beliau dianugerahi gelar Jendral oleh Presiden Soekarno.

Berada di Kotamadya Magelang, sebuah bangunan kuno peninggalan Belanda di daerah Kebondalem menjadi saksi bisu kebesaran seorang jendral yang sederhana ini. Kini, rumah yang berlokasi di Jalan Ade Irma Suryani C7 dialihfungsikan sebagai Museum Sudirman. Di tempat inilah, sang Jendral tinggal bersama keluarga (walaupun mungkin lebih sering ditinggal perang), sampai akhir hayatnya. Informasi mengenai biografi Jendral Soedirman dapat dibaca di sini.

Museum Sudirman masih menyimpan barang-barang yang digunakan Jendral Soedirman, seperti: kursi, meja,  tempat tidur, almari, tongkat, sepatu, tandu, dan juga meja pembasuhan jenasah. Beberapa ruangan mungkin telah beralih fungsi untuk tempat penyimpanan. Selain proses renovasi, tidak ada ruangan yang diubah susunannya.

Berikut ini adalah foto-foto yang berhasil saya abadikan ketika berkunjung ke Museum Sudirman.

Ruang tamu.
Ruang keluarga, ruang makan (?).
Tandu yang digunakan untuk mengantar Jendral.
Selop yang digunakan dulu.
Tongkat untuk membantu berjalan.
Tempat tidur di kamar Jendral Soedirman.
Meja pemandian jenasah.

Komentar