Candi Giring dan Situs Lumpang Jaka Tarub

Candi Giring


Di candi ini, tampak beberapa batu lumpang dan umpak yang terbungkus oleh kain putih. Ketika kami datang dan mengambil gambar batu-batuan ini, datanglah seorang bapak berbaju hijau yang menceritakan tentang batu-batu tersebut. Konon, batu-batu tersebut merupakan makam Ki Demang Notoprojo. Selebihnya, saya tidak mendapatkan informasi mengenai tempat ini. Candi Giring terletak di Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Situs Lumpang Jaka Tarub


Tidak jauh dari lokasi Candi Giring, terdapat sebuah cungkup yang berisi batu-batu yang menurut saya bagian dari batu candi. Meskipun demikian, tempat ini dinamakan Petilasan Panembahan Tarub. Mungkin Jaka Tarub pernah bermeditasi di tempat ini. Ada empat buah batu, satu lumpang besar berbentuk segi empat, satu lumpang bulat, dan dua batu lain yang merupakan fragmen candi. Yang kami lihat, tempat ini masih digunakan untuk melakukan meditasi oleh (sese)orang beberapa waktu yang lalu. Situs ini terletak di Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Di cungkup inilah lumpang Jaka Tarub disimpan.
Ada yang menyebutkan bahwa lumpang besar merupakan yoni dengan tiga lubang, namun mungkin saja lumpang itu merupakan makam jaman prasejarah (sarkofagus). Entah mana yang benar, belum dapat dipastikan. Bisa saja semua batu tersebut bukan berasal dari jaman yang sama. Ah, tidak masalah, objek-objek tersebut masihlah menarik untuk kami kunjungi. Situs Lumpang Jaka Tarub ini merupakan objek terakhir yang kami kunjungi hari ini.

Komentar