Candi Batur



Reruntuhan Candi Batur bertempat tidak jauh dari Candi Selogriyo. Secara administratif, Candi Batur terletak di Dusun Ngobaran, Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Batur merupakan candi bercorak agama Hindu, seperti Candi Selogriyo dan Kompleks Candi Dieng.

Dari Candi Selogriyo, perjalanan yang saya lakukan seharusnya tidak begitu jauh. Saya sempat bertanya pada seorang penjaga warung, kira-kira masih 3 kilometer lagi dari persimpangan menuju Candi Selogriyo. Akan tetapi, tidak jauh dari warung itu ada pembangunan jalan akibat tanah longsor. Akhirnya saya mengambil jalan sedikit memutar.

Sesuai petunjuk yang diberikan oleh mas-mas yang mengatur jalan di daerah pembangunan jalan tadi, saya menemukan lokasi Dusun Ngobaran. Selanjutnya, saya mencoba menanyakan posisi Candi Batur kepada beberapa warga yang sedang duduk-duduk di tengah desa. Lokasi Candi Batur ternyata memang sangat nanjak! Dan motor saya pun harus diparkir di bawah tanjakan ekstrim tersebut.

Yoni atau lapik arca (?)
Candi ini sudah pernah diekskavasi, namun mungkin tidak dilanjutkan karena keterbatasan dana serta banyak batu yang berjatuhan. Kalau dibayangkan, bisa saja candi ini seukuran Candi Selogriyo atau bahkan lebih besar. Hal ini diperlihatkan dari dua pasang makara di depan-belakang (atau kanan-kiri) candi. Hingga kini, yang tersisa di Candi Batur adalah tiga buah makara, yoni (?), lumpang, dan batu-batu candi lainnya.

Batu lumpang di area Candi Batur.
Dinding, pagar (?).
Makara di sisi lain candi.

Semoga candi ini mendapatkan proyek ekskavasi lagi suatu saat kelak.

Komentar