Lourdes Sendangsono


Gua Maria Lourdes Sendangsono terletak di Dusun Semagung, Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, DIY. Apabila kita menilik sejarahnya, gua Maria ini berada di tengah komunitas Katolik pertama di Yogyakarta. Tentu sudah banyak yang mengetahui tentang keberadaan gua Maria ini, karena Sendangsono selalu menjadi tujuan ziarah para umat Katolik dari seluruh Indonesia.

Gua Maria ini diresmikan oleh pastur-pastur: JB. Prennthaler, SJ; V. Kalken, SJ; dan FX. Satiman, SJ pada tanggal 8 Desember 1929 setelah mengalami dua tahun masa pembangunan. Hingga kini, Sendangsono telah mengalami proses renovasi beberapa kali, termasuk pembangunan teras-teras ibadah yang dirancang oleh Romo Mangun. Sendangsono dikelola oleh Paroki Promasan, Keuskupan Agung Semarang.

Selayang Pandang Sendangsono

Di dalam kompleks Gua Maria Lourdes Sendangsono, para peziarah akan menjumpai objek-objek berikut ini.

Makam Barnabas Sarikromo, seorang katekis pribumi pertama di Yogyakarta.
Teras-teras sembayang yang dirancang oleh Romo Mangun.
Sumber air pembaptisan pertama.
Kapel Tri Tunggal Maha Kudus di sisi Gua Maria, tempat diadakan perjamuan ekaristi.
Kompleks Makam Lingkungan Semagung, di sisi Kapel Maria.
Toko penjual benda-benda rohani.
Pemandangan Gua Maria Lourdes Sendangsono.

Apabila Anda tertarik menuju ke sana, Anda bisa melalui Muntilan atau Kulonprogo. Gua Maria ini dapat diakses melalui Jl. Wates-Muntilan.

Komentar