Candi Plembutan


Seperti namanya, kondisi Candi Plembutan sudah 'lembut'. Hampir mirip Candi Abang, candi ini hanya menyisakan pondasi candi dan beberapa fragmen batuan candi lainnya. Kondisi candi ini tidak tertolong lagi karena terbuat dari batu putih. Bersamaan dengan penemuan candi ini, ditemukan pula yoni, trisula Dewa Siwa, arca Ganesha yang menunjukkan bahwa candi ini bercorak agama Hindu. Candi Plembutan berlokasi di Desa Plembutan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Tidak diketahui kapan atau pada masa kerajaan apa candi ini dibuat, karena terjadi missing-link sejarah di Gunungkidul. Entah candi ini berasal dari era Mataram Kuno ataukah Majapahit. Karena terbuat dari batu putih, candi ini tidak terlalu kuat menghadapi perubahan cuaca. Pasca ekskavasi candi, batuan candi kembali dikubur dengan tanah sehingga kini tampak mirip bukit Teletubbies.

Reruntuhan Candi Plembutan

Ketika saya dan rombongan Bol Brutu tiba di lokasi ini, kami mendapat kesempatan untuk diliput oleh media. Mudah-mudahan mereka tidak stress dengan kegemaran unik kami, sebagai pecinta batu, sebagai pecinta budaya, sebagai BOL BRUTU. Perjalanan selanjutnya, kami akan mengunjungi Situs Candi Pulutan.

Komentar