Situs-situs di Sekitar Prambanan 2


Dalam rangka melanjutkan blusukan di daerah Prambanan, saya pun mengunjungi beberapa situs purbakala yang kini tinggal puing-puingnya saja. Memang betul, daerah di sekitar Candi Prambanan menyimpan ratusan batu candi yang tidak semuanya utuh. Ada beberapa yang hilang, rusak atau bahkan dijadikan batu pondasi rumah-rumah warga. Berikut ini adalah beberapa situs di sekitar Prambanan bagian kedua.

Situs Gatak
Situs Gatak terletak di Dusun Gatak, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Batu-batu candi tersebar di beberapa tempat. Di dekat tower merah, dapat ditemukan 3 buah yoni yang digunakan untuk hal lain, serta beberapa artefak dan batu candi.




Semakin ke dalam, ada enam buah umpak. Satu terletak di dalam makam dan lima sisanya ada di pinggir jalan. Masih di jalan yang sama, dapat dijumpai batu-batu candi yang dijadikan pagar rumah warga.



Situs Sumberwatu
Situs Sumberwatu terletak di Dusun Sumberwatu, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Di dusun ini, ditemukan beragam batu dengan dua corak keagamaan. Yang pertama adalah Situs Sumur Bandung yang erat dengan legenda Bandung Bondowoso. Situs ini berupa sumuran candi, yang terletak tidak jauh dari SD Sumberwatu. Di situs ini, ditemukan bagian stupa. Dapat disimpulkan bahwa situs ini dulunya adalah candi bercorak agama Buddha. Saat ini, situs ini berada di dalam lahan milik seseorang yang sedang dibangun menjadi villa. Menurut salah satu pekerja yang membangun villa itu, candi ini nantinya akan dibangun kembali.



Masih menelusuri jalan yang sama, saya pun menjumpai dua buah batu lingga yang berada di tepi jalan. Kedua batu lingga tersebut masih satu grup dengan batu lingga lain yang berada di Pura Dharma Santi yang ada di samping SD Sumberwatu.



Situs Grembyangan
Situs Grembyangan terletak di Dusun Grembyangan, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Batu yang tersisa adalah sebuah stupa dan batu-batu penyusun candi yang tersebar di penjuru dusun. Ketika bertanya kepada warga, ada dua buah batu besar entah itu merupakan yoni atau lapik arca saja yang kini dijadikan pot tanaman.



Situs Nogosari
Situs Nogosari terletak di Dusun Nogosari, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Yang saya jumpai dalam perburuan saya hari ini adalah fragmen batu candi di samping SD Rejondani.



Jika  ingin lihat situs di perjalanan sebelumnya, Anda bisa mengunjungi link [Situs-situs di Sekitar Prambanan 1]

Komentar

  1. apa ada wacana mau dikumpulkan semua itu mas?

    BalasHapus
  2. @Ardi yanta: Saya belum mendengar ada wacana untuk mengumpulkan. Beberapa sudah ada yg dikumpulkan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berbagi cerita