Candi Lawang


Siang hari ini, saya kembali melakukan perjalanan mencari candi. Kali ini saya menjelajahi Kabupaten Boyolali, tepatnya di Kecamatan Cepogo. Di Cepogo, terdapat dua buah lokasi candi yaitu Candi Lawang dan Candi Sari. Sebagai tujuan pertama, saya memilih Candi Lawang yang terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Yoni di candi induk.
Seperti yang tampak pada foto, pondasi candi masih tampak utuh. Pada bagian tubuh candi hanya tersisa pintunya saja. Mungkin karena itulah candi ini disebut lawang (= pintu). Tidak banyak informasi yang saya dapatkan di sini, mengingat tidak ada papan informasi serta petugas yang menjaga candi tersebut. Namun, yang saya peroleh dari blog tarabuwana, Candi Lawang seharusnya terdiri dari enam buah bangunan. Keenam bangunan tersebut antara lain satu candi induk yang diapit dua perwara di kanan kirinya, serta tiga candi wahana dalam satu pondasi.

Walau tidak utuh, Candi Lawang berdiri kokoh di tengah-tengah reruntuhan candi lainnya.

Untuk menuju ke sana memang tidak terlalu mudah, Anda bisa berangkat dari Kota Boyolali.
  • Carilah jalan menuju ke arah Magelang (via Selo, Wonolelo, Ketep dan seterusnya).
  • Dari gapura yang mengarahkan Anda ke Selo, kira-kira 8 kilometer Anda akan tiba di Cepogo. Temukan pertigaan ke kiri yang ada tugu bambu runcing-nya. Beloklah ke kiri, tepatnya ke Ndalem Praciroharjo.
  • Selanjutnya ikutilah peta sederhana yang saya gambar.
Klik pada gambar untuk memperbesar.
Perjalanan dilanjutkan menuju Candi Sari yang terletak tidak jauh dari lokasi candi ini.

Komentar