Situs Potro


Sebuah situs kecil yang lain bukan menjadi masalah bagi para pencari batu. Karena pagi itu saya sedang merasa suntuk dan ingin mencari udara luar, kebetulan langit juga mendung, saya mencoba menjengkol motor dan berangkat menuju ke Pakem. Situs ini dikenal dengan nama Situs Potro atau Pancuran Buto. Menurut informasi yang saya peroleh, situs ini terletak di Dusun Potro, Desa Purwobinangun, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DIY.

Situs ini hanya menyisakan tiga buah batu, satu buah Jawaladhra dan dua buah batu candi. Lokasi situs ini dimanfaatkan oleh warga sebagai MCK umum. Karena memang tidak banyak batu yang ditemukan, corak dari candi ini tidak diketahui secara pasti. Seperti yang tampak pada foto, Jawaladhra dipasangi selang untuk memancurkan air, sedangkan kedua batu lainnya disusun disamping hiasan kala.

Untuk menuju ke sana tidaklah sulit, cukup mengikuti peta yang coba saya gambarkan sebagai berikut. Lokasi situs ini berada di sekitar Jalan Pakem-Turi km 2,5. Anda bisa berangkat dari Jalan Palagan-Tentara Pelajar (Monjali).

Inilah tampak luar Situs Potro atau Pancuran Buto
Peta Situs Potro

Komentar