Situs Kaliworo B


Perjalanan hari ini bisa dibilang dadakan. Setelah melihat Candi Sojiwan usai dipugar, ada dorongan untuk melihat kembali Candi Merak yang 'hampir selesai'-nya juga bersamaan. Kalau menilik satu candi saja, rasanya tidak cukup. Oleh karena itu, saya mencoba blusukan lagi ke sebuah situs yang berlokasi tidak terlalu jauh dari Candi Merak. Situs ini bernama Situs Kaliworo B, yang terletak di Dusun Pacitan, Desa Ngemplakseneng, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Terancam Lahar Dingin
Situs Kaliworo B
Melihat lokasi situs ini, saya jadi teringat Candi Morangan yang tidak jauh dari tanggul aliran lahar dingin. Jalan di sekitar sini sangat parah, akibat dilindas truk-truk pengangkut pasir, apalagi jika berangkat dari arah Karangnongko. Beberapa waktu yang lalu, situs ini sempat dilaporkan terancam seperti Candi Lumbung Sengi. Tetapi kita patut bersyukur karena lokasi situs ini masih aman wal'afiat.

Lho, kok ada embel-embel "B" di belakang nama situs ini? Apakah berarti ada Situs Kaliworo A? Jawabannya: pasti ada, tapi saya belum tahu lokasi pastinya ada di mana. Ada yang bilang kalau Situs Kaliworo A agak masuk-masuk hutan.

Yoni tanpa cerat
dan hiasan ratna.
Situs Kaliworo B merupakan reruntuhan candi yang belum dibangun kembali. menurut saya, batu-batu yang dikumpulkan sudah cukup banyak. Saya menemukan sebuah yoni tanpa cerat. Di atasnya, diletakkan hiasan ratna. Berarti, dapat disimpulkan bahwa situs ini dulunya adalah candi bercorak agama Hindu. Saya iseng buka ratnanya (aduh takut dipenjara), dan menemukan ada sesosok makhluk yang menjaga ratna itu: seekor kalajengking. Pak BP3, saya tidak bermaksud memindahkannya! Saya hanya menyenggol sedikit.

Masih tampak beberapa batu lainnya, tapi saya tidak melihat ada arca di sana. Tapi situs ini sepertinya sering dibersihkan. Kok saya bisa tahu? Soalnya ada sapu lidi tergeletak di sana. Penting ya? Ya iyalah, soalnya ini kan peninggalan bersejarah, jadi sudah menjadi kewajiban kita untuk merawatnya.


Saya nyaris disengat kalajengking ini.
Takut kualat, saya kembalikan batu ini seperti semula.
Rute Menuju Situs
Jujur saja, saya agak sedikit susah memberi ancer-ancer lokasi Situs Kaliworo B ini, karena saya berangkat dari Karangnongko. Baiklah, saya coba ambilkan dari blog Nyariwatu.
  • Jika berangkat dari Yogyakarta, silakan ikuti Jl. Jogja-Solo hingga berhenti di perempatan Proliman, beloklah ke utara, yaitu di Jl. Cangkringan.
  • Setelah tiba di Jl. Cangkringan km 7, ada pertigaan ke kanan (timur) yang menuju ke Manisrenggo. Beloklah ke situ.
  • Ikuti jalan lurus, hingga keluar dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda tiba di Manisrenggo, Kabupaten Klaten. Temukan pom bensin di sisi kiri (utara) jalan di sudut pertigaan ke kiri (utara). Beloklah ke kiri (kalau tidak salah ke Bumi Perkemahan).
  • Ikuti jalan itu hingga tiba di Kantor Desa Ngemplakseneng. Kantor itu juga nempel pertigaan ke kanan (timur), beloklah ke kanan sampai mentok, terus belok kanan lagi. Anda akan tiba di dusun Pacitan.
  • Ikuti jalan utama desa hingga menemukan tanjakan tanggul. Lokasi situs ini tidak jauh dari tanggul, sisi kiri (utara) jalan.
  • Sebagai tambahan: kalau ikuti jalan itu lurus terus, nanti bisa ke Candi Merak tempat saya berangkat.

Sebetulnya, saya pingin mampir lokasi Situs Kaliworo A. Tapi sepertinya situasi dan kondisi belum mendukung. Nantilah, ada saatnya saya bisa ke sana. Mari cintai budaya bangsa.

Komentar

Posting Komentar

Mari berbagi cerita