Situs Bugisan


Situs Bugisan terletak di dusun Bugisan, desa Purwomartani, kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Di situs ini, terdapat reruntuhan candi bercorak agama Buddha. Hal ini dibuktikan dengan adanya tujuh buah arca Bodhisatva di pelataran rumah salah seorang warga. Selain arca Bodhisatva, tersebar pula batu-batu penyusun candi seperti makara, antefik, hiasan kala, serta batu penyusun stupa di sekitar dusun. Lho, di foto kok hanya tampak ada 6 buah arca? Sebenarnya masih ada satu lagi di sisi kiri arca terdepan; saya hanya ingin menampilkan arca yang masih ada kepalanya ini di paling depan.

Rute menuju Situs Bugisan
Untuk menuju ke sana, Anda bisa berangkat dari Candi Prambanan.
  • Setelah melewati museum penampungan benda purbakala Kalasan (di depan Bogem Supit), Anda akan menemukan perempatan dengan lampu lalu lintas. Ambil jalan ke selatan (kiri). Daerah ini dikenal dengan nama Proliman (Jalan Jogja-Solo km. 15).
  • Ikuti jalan utama. Tiba di perempatan pertama, ambil jalan lurus saja. Tidak jauh dari perempatan itu ada pertigaan ke arah barat (kanan), beloklah di situ. Situs ini berlokasi tidak jauh dari pertigaan tersebut.
Makara
Hiasan bagian luar candi
Tuh kan, ada 7 arca?
Beberapa batu penyusun candi di sekitar halaman.
Batu penyusun stupa?

Sebenarnya masih ada situs lain yang berada di dusun Bugisan ini, yaitu gudang senjata bekas jaman Belanda dulu. Tetapi karena langit sepertinya sudah tidak bersahabat, saya mengakhiri petualangan di daerah ini.

Komentar