Candi Pringtali


Sebelum berangkat menuju Candi Pringtali, saya sudah meramalkan bahwa pasti terjadi kekecewaan. Hal ini disebabkan karena ukuran candi yang tidak besar, serta bentuk candi yang disusun dengan tidak benar. Informasi yang demikian sudah pernah ditulis oleh para pendahulu pencari batu sebelum saya, untuk itu saya tentu menyiapkan mental saya supaya tidak kecewa oleh karena struktur candi tersebut. Candi Pringtali menyisakan beberapa batu candi yang disusun secara vertikal dan sebuah lingga. Batu-batu tersebut berada di bawah pohon di depan sebuah sekolah dasar.

Secara administratif, Candi Pringtali terletak di Dusun Pringtali, Desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, DIY. Jangan tergiur dengan kata 'Kecamatan Samigaluh' terlebih dahulu, karena hal inilah yang menyebabkan saya hampir putus asa mencarinya. Walaupun berada di Samigaluh, dusun Pringtali terletak sangat jauh apabila Anda benar-benar melewati kota kecamatan Samigaluh-nya (lewat Dekso). Saya harus mengelilingi salah satu bukit di lereng Menoreh. Perjalanan seharusnya lebih dekat apabila Anda melewati Pasar Kenteng, Nanggulan. Minimnya informasi tentang lokasi candi saya yakin disebabkan karena memang sulitnya jalan menuju ke sana.

Rute menuju ke sana:
  • Jika berangkat dari Yogyakarta, ikutilah jalan Godean hingga tiba di Nanggulan (ada perempatan: jika ke kiri menuju ke Wates, ke kanan menuju ke Muntilan, lurus menuju ke Pasar Kenteng). Ambil jalan lurus menuju Pasar Kenteng.
  • Sebaiknya, tiba di pasar ini segeralah bertanya pada warga. Karena kurang lebih satu kilometer ke depan, Anda akan menemukan pertigaan ke kanan yang membawa Anda mulai memasuki areal yang cukup sulit dijangkau. Beloklah ke kanan di pertigaan tersebut.
  • Selanjutnya, ikutilah jalan utama itu hingga menemukan perempatan (perempatan aspal pertama). Ambilah jalan belok ke kiri. Jika Anda mengikuti jalan ini, tidak sampai 10km Anda akan tiba di dusun Pringtali. Jika Anda sudah menemukan bangunan SD di sisi kanan jalan, maka candi itu sudah tidak jauh lagi karena berada di depan SD.
  • Jalanan di sini nanjak dan berlubang-lubang, jadi Anda harus berhati-hati.

Anda ingin mencoba ke sana? Silakan coba tantangan untuk Anda dan kendaraan Anda.

Komentar