Situs Kunden


Beberapa situs purbakala sepertinya masih menarik minat saya untuk berpetualang. Walaupun yang candi yang masih berbentuk di daerah Jogja-Jateng sudah hampir semua dikunjungi, rasanya tidak kalah menarik juga mengunjungi situs-situs purbakala lainnya yang bentuknya tidak besar. Seperti yang satu ini, Situs Kunden namanya. Situs Kunden terletak di Dusun Kunden, Desa Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten.

Jika melihat bentuknya, situs ini mirip dengan Situs Payak di Bantul. Dahulu, mungkin situs ini merupakan sebuah petirtaan. Jika di Situs Payak bentuknya hampir masih utuh, yaitu berbentuk huruf U, di situs ini batu yang tersisa tinggal berbentuk huruf L saja. Situs ini secara tidak sengaja ditemukan oleh Bapak Bowo ketika merumput di sekitar sini. Barulah penggalian dilakukan bersama rekan-rekannya. (Info selengkapnya bisa dilihat di tarabuwana)

Untuk menuju kemari tidaklah sulit karena berada tidak jauh dari pusat kota Klaten. Saya akan memandu dari Yogyakarta, ikutilah terus Jalan Jogja-Solo hingga masuk Kabupaten Klaten.

  • Sebelum tiba persimpangan bypass ke Solo yang ada rumah sakitnya, Anda akan menemukan tempat pemakaman di sisi utara (kiri) jalan. Jalan raya di sisi pemakaman tersebut ada rusuk jalan (seolah-olah jalur lambat). Di sisi pemakaman, ada gapura yang menunjuk pada Taman Makam Pahlawan Ratna Bantala. Ikutilah jalan masuk ke taman makam tersebut.
  • Tidak jauh dari gapura, kurang lebih 100 m Anda akan menemukan taman makam tersebut. Selanjutnya, ikutilah arah panah yang membawa Anda ke Situs Kunden seperti pada gambar di bawah ini.
Ikuti arah panah berwarna merah
Masih dipakai untuk ritual
Situs ini terletak di sebelah aliran sungai kecil. Ketika saya berkunjung ke sana, tampak masih ada kembang dan dupa habis. Sepertinya tempat ini masih sering dipakai untuk ritual. Selesai dari tempat ini, saya melanglang jauh menuju ke sebuah candi lainnya di daerah Tengaran.

Komentar