Situs Pondok


Pencarian situs ini merupakan pencarian yang kedua, setelah pencarian pertama yang agak salah informasi. Awalnya, saya duga candi ini berada dekat dengan lokasi Candi Sari, Tirtomartani. Namun ternyata informasi tersebut keliru. Lokasi sesungguhnya berada di dusun Pondok, desa Selomartani, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Informasi lokasi dusun ini saya peroleh ketika menanyai seorang penjual mi ayam (yang saya tidak tanya namanya, dulu pernah makan di sini) yang berada dekat dengan lokasi Candi Kedulan. Matur nuwun, pak.

Yang tersisa dari situs hanyalah tiga buah batu, yakni dua buah yoni dan satu buah lumpang. Salah satu yoni berada di tengah-tengah lokasi yang tampak lebih rendah dari tanah sekitarnya (mungkin ada penggalian di sini). Saya curiga ada sebuah penampang batu di dalam lubang tersebut. Meskipun tidak sempurna, situs bercorak agama Hindu ini cukup mendapatkan perawatan dari warga sekitar. Lokasinya dipagari dengan tanaman dan kawat duri.

Untuk menuju kemari, Anda bisa berangkat dari Yogyakarta menelusuri jalan Jogja-Solo.
  • Sebelum Anda menemukan lokasi Candi Kalasan, Anda akan bertemu dengan lampu lalu lintas (mungkin sekitar km 15). Ambil jalan ke kiri (mengikuti papan petunjuk menuju LPMP Yogyakarta).
  • Anda akan menemukan beberapa perempatan, salah satunya adalah perempatan yang dekat Candi Kedulan. Akan tetapi, ambil jalan lurus terus saja sampai menemukan pertigaan jalan alternatif. Jika lurus (utara) Anda akan menuju Magelang (via Pakem), jika belok kanan (timur) Anda akan menuju Solo. Beloklah ke kanan , ke arah Solo.
  • Dari pertigaan itu, kira-kira 50 meter Anda akan menemukan sebuah minimarket bernama Vimart. Candi Pondok berada tepat di belakang (utara) Vimart.
  • Atau jika suatu saat minimarket ini gulung tikar, petunjuknya dapat diganti: mencari gapura dusun Pondok, Selomartani yang berada tidak jauh dari minimarket tersebut (masih ke timur). Selanjutnya, masuk gapura tersebut dan tampaklah lokasi candi ini berada di sebelah kiri (barat) jalan desa.

Demikianlah ekspedisi singkat yang dilakukan hari ini, walaupun tidak ada informasi yang saya dapatkan sedikit pun mengenai situs ini.

Komentar

Posting Komentar

Mari berbagi cerita