Situs Payak


Masih dalam petualangan saya di Jl. Jogja-Wonosari, selepas saya beranjak dari Candi Mantup saya menuju ke kilometer 12. Tepat sebelum Puskesmas (sebelah kanan jalan dari Yogyakarta), ada gang kecil yang mengarahkan saya ke sebuah situs petirtaan purbakala, Situs Payak namanya.

Bangunan berbentuk huruf U berukuran 3 m x 1 m ini diduga merupakan sumber air. Air yang muncul di sini mungkin digunakan oleh umat Hindu untuk upacara keagamaan. Saat itu, kebetulan tidak ada penjaga yang bisa ditanya informasi. Saya hanya membaca-baca dari blog senior saya, Wijna (info lengkap bisa lihat di situ). Di bagian dalam petirtaan itu, ada sebuah relung kosong. Mungkin dulunya berisi arca.

Dari ketiga tempat yang saya kunjungi, tempat inilah yang paling terawat. Taman di sekitarnya bagus dan rapi. Mari silakan berkunjung ke tempat ini.

Komentar