Candi Dawangsari


Tidak banyak yang saya ketahui tentang situs ini. Candi Dawangsari terletak di dekat Candi Barong. Candi ini terletak di dusun Candisari, desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Tampak ada sebuah lingkaran besar mirip landasan stupa yang dibentuk oleh batu-batu candi. Apakah dimungkinkan situs ini dulunya merupakan candi bercorak agama Budha? Umur candi ini pun diperkirakan hampir sama atau lebih tua dikit dibanding Candi Barong. Setiap saat pergi ke sini, saya selalu menyaksikan kambing-kambing merumput di daerah sekitar sini.

Tumpukan batu, apakah ini merupakan
bagian candi induk?
Papan petunjuk situs ini pun telah hilang entah ke mana. Meskipun demikian, ada beberapa batu yang ditumpuk-tumpuk namun tidak jelas asal-usulnya. Ada yang tersusun seperti dinding, ada yang bertumpuk-tumpuk sehingga diduga ini merupakan bagian candi induknya. Kini, situs ini hanya dibiarkan begitu saja. Semoga batu-batu ini kelak mendapatkan perawatan yang layak.

Berdasarkan pengamatan saya, mulai dari Candi Ijo, Candi Barong, Situs Dawangsari, Situs Arca Gupolo, Candi Miri dan candi-candi lain yang berada di wilayah perbukitan ini memang cukup unik. Biasanya, lokasi tempat candi dibangun menunjukkan keluhuran bahkan melebihi makna dari candi itu sendiri; misalnya adalah kesuburan. Uniknya, bukit tempat candi-candi ini dibangun tergolong tandus. Entah, apakah dulunya subur atau tidak saya tidak tahu. Pohon-pohon di sekitar sini tampak gersang, tanahnya pun bukan tanah yang gembur.

Untuk menuju ke sini, Anda tinggal mengikuti arah yang sama menuju Candi Barong.
  • Dari arah Yogyakarta, ikuti Jalan Solo hingga menemukan batas propinsi Jawa Tengah. Ada pertigaan ke kanan di sana, namun karena tertutup oleh pembatas jalan maka Anda bisa melalui pasar Prambanan setelah lampu lalu lintas (belok kanan sedikit).
  • Ikuti jalan itu saja, tidak usah belok-belok hingga sampai di dasar bukit. Ikuti jalan itu saja, maka Anda akan dibawa ke desa Sumberwatu.
  • Setelah melewati SD Sumberwatu, jalan sudah mulai offroad. Di penghujung jalan, ada pertigaan, ke kanan menuju Keraton Ratu Boko sedangkan ke kiri menuju Candi Barong dan Situs Dawangsari. Belok kiri di situ.
  • Selanjutnya, Anda akan menemukan perempatan. Ambil jalan yang tengah, maka Anda akan tiba di Candi Dawangsari.


Semoga candi ini segera direnovasi.

Komentar