Candi Risan


Yang bisa dikatakan tentang candi ini adalah, "Jauh sekali!" Namun tidak sia-sia pergi ke sana, karena saya jadi tahu kota Wonosari itu seperti apa. Candi Risan terletak di desa Candirejo, kec. Semin, kab. Gunungkidul. Karena gambaran peta yang dipajang oleh Wijna pada blognya, saya jadi tidak tersasar. Hanya saja, kalau melihat patok yang ada pinggir jalan, jarak dari Jogja sampai Semin tidak sampai 90 kilometer.

  • Dari Yogyakarta, ikuti jalan sepanjang Jalan Jogja-Wonosari hingga tiba di kota Wonosari.
  • Hingga tiba kira-kira di alun-alun Wonosari, ikuti rambu-rambu petunjuk jalan menuju ke Semin.
  • Setibanya di Semin, sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Wijna pada blognya dan dengan sedikit perubahan, ikutilah peta di samping.

Sesampainya di sana, saya disambut oleh arca Bodhisatwa di pintu gerbang. Tetapi sepertinya patung ini bukan asli dari jaman dibuatnya candi. Kondisi candi berupa reruntuhan. Tidak ada plang nama "Candi Risan" yang melabeli candi ini. Sepertinya belum ada rencana dari pihak BP3 itu merekonstruksi candi. Saya cukup terheran-heran, mengapa di daerah relatif tidak subur ini ada candi (yang katanya deket mata air).

Candi induk konsepnya berundak-undak, tersusun atas batu alami dan batu buatan. Di sisi candi induk, ada lagi candi pengiringnya.

Arca baru di depan pintu
Candi pengiring
Mana pasanganku?


Komentar