Candi Prambanan


Candi ini merupakan candi utama dalam kompleks taman wisata Candi Prambanan. Candi ini merupakan satu-satunya candi bercorak agama Hindu serta yang terbesar di kompleks ini. Karena pada masa itu berkembang agama Hindu aliran Siwa, maka candi terbesar dibangun untuk menghormati Dewa Siwa. Nama asli candi ini adalah Shiva Grha, kemudian memiliki alias Candi Roro Jonggrang sesuai dengan legenda yang menyertainya.

Candi Siwa menghadap ke timur dan diapit oleh dua candi, yaitu Candi Brahma di sebelah selatan dan Candi Wisnu di sebelah utara. Di hadapan ketiga candi itu, terdapat tiga perwara besar, masing-masing bernama hewan kendaraan dewa-dewa yang berada di hadapannya, yaitu Angsa untuk Candi Brahma, Nandi untuk Candi Siwa, dan Garuda untuk Candi Wisnu.

Kami hanya diperbolehkan masuk ke Candi Brahma dan Candi Wisnu. Padahal di Candi Siwa terdapat beberapa arca yang diceritakan dalam legenda, Roro Jonggrang. Sekali lagi, akibat gempa yang melanda Yogyakarta, candi ini dipugar kembali oleh BP3. Candi Prambanan dikelilingi oleh 224 candi-candi perwara yang hanya sedikit yang mampu dipugar.

Burung berkepala manusia?
Hari ini (10/8/2011), saya mengunjungi ulang candi ini hanyalah untuk mengambil gambar candi-candi di sini. Akan tetapi saya 'terjebak' di museum ketika ingin melaporkan kesalahan label yang seharusnya Candi Gebang, malah tertulis Candi Barong. Hal ini merupakan kesalahan fatal informasi. Akan malu apabila hal ini diketahui oleh banyak orang. Namun kembali ketika berbincang-bincang dengan Bapak Giarto selaku penanggungjawab museum ini, beliau mengaku sudah melaporkan ini ke pihak BP3 dan kini tengah menunggu (dan menunggu dan menunggu) proses ralat yang kudu dilakukan oleh BP3. "Halah, cuma diganti namanya saja kok susah, orang cuma print-print-an pakai font yang sudah biasa dipakai kok."

Tarif masuk Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan (Agustus 2011) antara lain adalah sebagai berikut:
Hari biasa : Rp20.000,00
Weekend : Rp23.000,00
+Paket Keraton Ratu Boko : Rp30.000,00
Parkir motor : Rp3.000,00
Parkir sepeda : Rp1.000,00
Parkir mobil : Rp5.000,00

Saya dan Kak Zenith

Komentar