Candi Pawon


Setelah berkunjung ke Candi Mendut, saya melanjutkan perjalanan menuju Candi Pawon. Candi Pawon terletak di dusun Wanurejo, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Pawon berada tidak jauh dari Candi Borobudur.

Jika berangkat dari Candi Mendut, ikutilah jalan menuju ke Candi Borobudur. Setelah melewati jembatan yang ada truss (tiang penopang) nya, Anda akan menemui perempatan. Jika lurus dan belok kanan, Anda akan dibawa menuju ke Candi Borobudur. Sedangkan Anda harus mengambil jalan kecil belok kiri. Tidak jauh dari perempatan itu, Candi Pawon sudah terlihat atapnya.

Pohon kalpataru, pada salah satu relief Candi Pawon
Relief di candi ini juga masih terselamatkan. Tampak ada bentuk pohon kalpataru yang menjadi simbol kesuburan. Dibanding Candi Mendut (dan Candi Borobudur), Candi Pawon berukuran paling kecil. Tidak banyak yang mengenal candi ini ketimbang kedua candi yang berukuran lebih besar daripadanya. Di sekitar candi, ada rumah-rumah warga dan kios penjualan cinderamata. Saya pun ditawari gantungan kunci seharga Rp5.000,00 untuk tiga gantungan kunci. Murah juga, tetapi saya enggan membelinya karena saya tokh juga sama-sama orang Magelang.

Komentar