Candi Mendut


Sudah berkali-kali saya melewati candi ini ketika dalam perjalanan ke Candi Borobudur, tetapi saya belum pernah mengunjungi Candi Mendut. Candi Mendut secara administratif terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tentu sudah banyak cerita dan informasi seputar keberadaan candi ini, sehingga tidak perlu secara detail saya harus bercerita tentang Candi Mendut di blog ini.

Candi Mendut terletak di desa Mendut, kecamatan Mungkid, kabupaten Magelang. Dengan lokasi yang sangat strategis, candi ini dapat dengan mudah ditemukan di sisi jalan raya menuju ke Candi Borobudur. Jika berangkat dari Yogyakarta, setelah kota Muntilan (yaitu daerah Pabelan) Anda akan menemukan pertigaan dengan lampu lalu lintas. Beloklah ke kiri di pertigaan itu hingga Anda menemukan candi seolah-olah di tengah jalan. Itulah Candi Mendut.

Tiga buah arca di dalam bilik candi
Sebagian relief candi ini dapat diselamatkan, kemudian di dalam candi terdapat tiga buah arca besar. Saya jadi bingung, bagaimana cara mereka memasukkan arca ini ke dalam candi jika candi dibuat terlebih dahulu. Ketiga buah arca Buddha itu antara lain: Vairocana, Avalokitesvara, dan Vajrapani yang masing-masing melambangkan fungsi Candi Mendut, yaitu membebaskan karma badan, karma ucapan, serta karma pikiran.

Candi ini masih difungsikan sebagai tempat ibadah umat Buddha. Pada saat Waisak, sebelum menuju ke Candi Borobudur, para penganut agama Buddha memulai perjalanan ziarah mereka mulai dari candi ini.

Beberapa batu perwara candi yang belum direkonstruksi
Tarif retribusi candi ini tidaklah mahal. Dalam satu tiket, yaitu untuk masuk area Candi Mendut dan Candi Pawon, Anda hanya merogoh kocek sebesar Rp3.300,00. Perjalanan saya tidak berhenti di candi ini saja, tentu saja saya memanfaatkan tiket ini untuk ke candi selanjutnya, yaitu Candi Pawon.

Komentar