Candi Mantup


Tidak jauh dari Candi Klodangan, terdapat sebuah candi unik yang terletak di Dusun Mantup, Desa Baturetno, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, Yogyakarta. Jika dilihat, candi ini tidak seperti candi-candi lain yang berukuran besar. Tampak ada tiga buah bangunan kecil berukuran 2 m x 2 m yang tersusun rapi.

Untuk menuju ke sana, kita bisa menelusuri jalan Jogja-Wonosari.
  • Kira-kira sudah tiba di Jl. Jogja-Wonosari km 7, Anda harus pelan-pelan hingga menemukan gapura bertuliskan Dusun Mantup. Gapura ini merupakan gapura pertama setelah lampu lalu lintas (yang tembus di perempatan kec. Berbah seperti yang saya maksudkan di Candi Klodangan sebelumnya).
  • Kira-kira 200 meter dari gapura itu, Anda akan menemukan kolam renang Umbul Tirta. Di sebelah selatan kolam renang tersebut, terbentang jalan menuju makam Segara Madu.
  • Candi Mantup terletak tidak jauh dari makam tersebut, yaitu di sebelah barat daya makam.

Candi Mantup terdiri dari tiga buah candi-candi kecil. Menurut suatu sumber, bagian candi yang tengah pernah ditemukan arca Kalyanasundaramurti yang menggambarkan laki-laki dan perempuan yang sedang berdampingan dan bergandeng tangan. Diduga bahwa hal ini menggambarkan perkawinan antara Dewa Siwa dengan Parvati (kalo denger Parvati, aku jadi inget Harry Potter).

Eits, perjalanan juga masih belum berhenti. Saya melanjutkan ke situs selanjutnya yang berlokasi tidak jauh dari Jl. Jogja-Wonosari.

Komentar