Rumah Pluralis di Purwomartani


Kembali saya mengayuh Polygon Urbano hitam milikku untuk melatih dengkulku yang sudah lama beristirahat. Terngiang di kepalaku, sebuah rumah unik yang terletak di daerah Purwomartani. Pertama kali melewati jalan itu adalah sepulang dari perjalanan koyok Jogja-Patuk-Candi Kedulan-Jogja. Dari kejauhan, tampak sebuah rumah dengan gaya Jawa modern dengan beberapa ornamen di depannya. Rumah itu berdiri dengan megah di   tepi areal sawah.

Waktu itu, sepintas saya hanya melihat ornamen (dari kanan ke kiri) : miniatur candi Prambanan, mustaka masjid, patung Yesus dan bunda Maria, dan miniatur stupa Borobudur. Kali ini, saya mencoba mendekatinya dan mengambil beberapa foto di sana. Di bagian dalam rumah, tampak relief beraroma kejawen. Rumah yang indah dan berkesan, hanya saja saya tidak mendapatkan informasi yang jelas seputar rumah itu karena hanya ada seorang petani yang berbahasa Jawa halus (saya pun tidak memahami dengan jelas apa yang beliau katakan).

Ada yang punya referensi?

Dari kiri ke kanan: ornamen stupa Borobudur, patung Yesus dan Maria, mustaka masjid, dan miniatur Prambanan.
Bagian depan rumah.
Ornamen Ganesha menghiasi pagar rumah.


Komentar