Gereja Katolik St. Fransiskus Xaverius, Kidul Loji, Yogyakarta


Gereja Santo Fransiskus Xaverius terletak di Kidul Loji, Yogyakarta. Tepatnya di selatan Taman Pintar dan Taman Budaya Yogyakarta. Dari kilometer nol, belok kiri ke arah timur. Bangunan tinggi dengan stained glass Fransiskus Xaverius dan berujung dengan tanda salib di atapnya akan dapat dengan mudah ditemukan di sisi jalan. Dari luar memang tidak tampak terlalu besar, akan tetapi jika masuk, Anda akan menemukan ruangan yang cukup besar.

Selain melayani umat, gereja ini juga menjadi pusat paroki-paroki sekevikepan Yogyakarta. Di sisi kanan (barat) gereja, terdapat gua Maria kecil yang bersatu dengan kolam ikan. Sedangkan di sisi kanan gereja, terdapat bangunan pasturan.

Kebetulan saya pergi ke gereja ini ketika diadakan Adorasi Sakramen Mahakudus. Monstran telah disiapkan di atas altar. Sabtu sore ini tampak sepi, entah seberapa ramai nanti di hari Minggu. Bagaimana tidak, gereja ini terletak di pusat kota Yogyakarta.

Take a look inside

Bagian dalam gereja
Gua Maria di sisi gereja
Stained-glass Fransiskus Xaverius, patung Yesus dan patung Maria

Komentar

  1. Sebuah bangunan gereja yang sangat menarik untuk dilihat oleh semua umat. Kami dari Panitia Pembnagunan Gereja Baru stasi St. Antonius dari Padua paroki Rumat Keuskupan Amboina Maluku Tenggara sangat mengidolakan dan tertarik untuk menjadikan model gereja kami seperti gereja St. Fransiskus Xaferius Kidul Loji Jogjakarta. untuk itu, kepada Dewan Pastoral setempat atau siapa saja yang memiliki dokumentasi serta gambar desain bangunan gereja ini kiranya dapat membantu kami dalam merancang gerung gereja baru. Informasi dan bantuan dapat disampaikan melalui takohernar@gmail.com atau melalui HP. No. 081233909664. atas nama Kristianus Ell, S.Sos (Ketua Panitia). Atas bantuan yang diberikan, sebelumnya kami sampaikan terima kasih, Tuhan Yesus memberkatis

    BalasHapus
  2. Sungguh tujuan yang mulia. Wah, kebetulan saya sudah lama menetap di Jakarta. Belum kembali lagi ke Yogyakarta lagi. Mungkin bisa hubungi langsung Paroki di sana :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berbagi cerita