Candi Kalasan


Touring ke candi ini merupakan salah satu rangkaian touring bencana Merapi. Tujuan awal dari perjalanan ini adalah menuju Cangkringan, untuk melihat Merapi pagi itu (Rabu, 5 Januari 2011). Sepulang dari Cangkringan, kami melewati Jalan Solo menuju Yogyakarta.

Dari sisi sebelah selatan jalan, tampak sebuah candi kuno bercorak agama Buddha. Candi ini bernama Kalasan, karena terletak di daerah Kalasan. Candi ini mungkin dibuat sekitar abad ke-8. Menurut Prasasti Kalasan (778), keberadaan candi ini membuktikan bahwa adanya Dinasti Syailendra; keagungan Kerajaan Sriwijaya yang masuk ke Pulau Jawa.

Pada mulanya, candi ini ditemukan dengan kondisi ditumbuhi pepohonan. Kemudian direnovasi oleh pemerintah Belanda (waktu itu). Selanjutnya ditemukan tiga buah candi kecil berbentuk stupa, yang berada di pelataran candi.

Pada bagian selatan candi terdapat dua relief Bodhisattva, sementara pada atapnya terdiri dari 3 tingkat. Atap paling atas terdapat 8 ruang, atap tingkat dua berbentuk segi 8, sedangkan atap paling bawah sebangun dengan candi berbentuk persegi 20 yang dilengkapi kamar-kamar setiap sisinya.

Puas dengan memandangi candi ini, kami pun beranjak pulang menuju Yogyakarta.

Komentar