Makam Kecil yang Nempel Rumah


10 Juni 2010
Sepintas tampak makam biasa, beberapa nisan Jawa disusun walaupun kurang rapi. Makam kecil ini terletak di tepi Jalan Affandi. Saya mencoba sedikit melihat-lihat makam kecil tersebut. Nampaknya makam ini cukup terurus dan bersih. Mungkin penduduk sekitar rajin membersihkan.

Areal pemakaman tidak luas, cukup kecil, mungkin ada sekitar 4 x 6 meter persegi. Ada beberapa makam yang tampak dibuatkan atap. Di luar pemakaman, dibuatlah sebuah gerbang yang tidak dikunci. Meskipun demikian, saya enggan masuk karena cukup melihat dari luar saja sudah bisa menjangkau seluruh area pemakaman. Sayangnya, tembok di luar pemakaman penuh dengan coretan dan tempelan iklan.

Yah, sepintas memang tampak seperti makam biasa, tapi cobalah lihat ke atas sedikit...


Ada rumah yang berdiri cukup bagus. Tampak ada blower pembuangan AC di balkon rumah itu.
Gambar kiri: Balkon rumah, dilihat dari kuburan. Di belakang persis area kuburan, terdapat rumah dengan tingkat dua.
Gambar kanan: Potret rumah dari samping, tidak ada pintu keluar dari sisi. Di sebelah kuburan ada gang, tempat saya mengambil gambar ini.

Lalu saya berpikir sejenak...
Pintu keluarnya mana? Jangan-jangan pintu keluarnya di kuburan itu!!!
Sementara, saya menyimpulkan bahwa rumah bertingkat dua itu menempel atau bergabung dengan rumah di sebelah selatan area makam. Sepertinya ada bagian yang menghubungkan keduanya. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa pintunya ada di balik rumah, yang dijumpai jika lewat gang tersebut.

Terbayang bagaimana si empunya rumah, kepingin cari angin di balkon tapi mendapat pemandangan makam di depan (seperti di halamannya saja).

Berhubung perut saya sudah keroncongan, saya bergegas mencari warung soto terdekat...

Analisa rumah ini saya hentikan dulu...

Komentar