Ayam Lawar khas Bali

Menghabiskan sore hari ini, saya pergi bersama Ari untuk berwisata kuliner. Seperti biasa, kami berdua mencari tempat kuliner yang unik dan belum pernah dikunjungi. Sore ini, tujuan wisata kuliner kami adalah di rumah makan "Ayam Betutu" asli Gilimanuk Bali.


Mencari lokasi rumah makan ini tidak begitu mudah. Jika Anda berangkat dari Jalan Kaliurang, kurang lebih di kilometer 8, Anda harus mencari papan reklame di kiri jalan, yang menampilkan masakan Ayam Betutu khas Bali. Kami cukup kesulitan mendapatkan papan reklame rumah makan ini karena banyak sekali reklame di tepi jalan. Akan tetapi jika Anda mengakses lewat Jalan Palagan (Monjali), maka Anda lebih mudah mendapatkan papan reklame yang mengarahkan ke sana.

Lokasi rumah makan
Jalan Watugede no 2X, Mudal Sariharjo.
081 392 666 771, 0274 44635484
Ngaglik, Sleman
Yogyakarta

Meskipun judulnya "Ayam Betutu", tapi kali ini saya mencoba masakan lain yaitu Ayam Lawar. Terbuat dari ayam yang disobek tipis (disuwir), dicampur dengan rebusan nangka, kemudian dimasak dan diberi bumbu Bali. Ciri khas dari masakan ini adalah rasa pedas yang dihasilkan, serta campuran bumbu Bali yang unik. Ayam Lawar dicampur dengan gorengan ati-ampela ayam.

Tidak hanya masakan ayam betutu dan ayam lawar saja yang disajikan di rumah makan ini, tetapi ada nasi campur bali, bebek betutu, sate lilit, chinese food, indonesian food, dan lain-lain. Selain masakan Bali yang khas, rumah makan ini terletak di area persawahan. Nuansa Bali menghiasi dekorasi rumah makan serta pemandangan sawah menjadi latar belakang rumah makan. Ditambah dengan musik tradisional Bali, suasana makan menjadi seperti berada di Bali. Oh ya tidak lupa, tadi sempat saya tanyakan kepada waitress-nya bahwa masakan di rumah makan ini 100% halal. Siapa pun boleh mencobanya.

"Tanpa Pergi ke Bali, Di Sini Anda Dapat Menikmati Masakan Khas Bali."

Harga
Untuk menyantap masakan Ayam Lawar (Campur Gorengan), Anda cukup merogoh kocek sebesar:
Ayam Lawar (Campur Gorengan) : Rp7.000,00
Nasi putih : Rp2.500,00
Es Teh: Rp2.000,00

Komentar