Situs Bedono


Situs ini berada tidak jauh dari almamater saya, SMA Sedes Sapientiae Bedono. Situs Bedono terletak di desa Bedono, kec. Jambu, kab. Semarang, Jawa Tengah. Di situs ini, yang terlihat hanyalah tumpukan batu yang tidak dapat disusun, serta sebuah yoni besar yang hingga kini masih digunakan untuk bermeditasi.

Untuk menuju ke sana, jika Anda berasal dari Magelang, maka Anda dapat mengikuti Jl. Magelang-Ambarawa.
  • Ikuti jalan hingga memasuki batas wilayah Kabupaten Semarang. Perbatasan ini ditandai dengan tanjakan yang diapit dua gapura besar. Setelah memasuki batas wilayah, Anda tiba di daerah Banaran (ada perkebunan kopi di kanan kirinya).
  • Ikuti jalan ke utara, hingga Anda menemukan keramaian. Di situlah desa Bedono berada.
  • Anda akan menemukan satu-satunya pom bensin di sebelah kiri jalan. Tidak jauh dari pom bensin, dengan mengikuti jalan raya Anda akan menemukan pasar Bedono di kiri jalan. Di sisi pasar, ada sebuah jalan kecil. Anda cukup masuk ke situ. Kira-kira 100m, Anda akan menemukan lapangan sepak bola dan kantor desa Bedono. Di depan kantor itulah Situs Bedono berada.

Ketika saya masih SMA, saya tidak terlalu memerhatikan benda cagar budaya di Kabupaten Semarang ini. Hanya saja, ketika saya mulai tertarik mencari batu, saya mengunjungi situs ini untuk dipublikasikan. Ada yang bilang, kalau situs ini masih terkait dengan Candi Gedongsongo yang ada di Bandongan sana.

Yoni, ada di bawah pohon besar.
Tumpukan batu candi yang tidak dapat disusun.

Komentar

Posting Komentar

Mari berbagi cerita